Bike Knowledge : Material Frame

Posted by Priyatno S On June - 22 - 2009

Material frame bakal menentukan kualitas sepeda. Meski demikian, kualitas sebuah frame sangat ditentukan proses produksi yang ada di dalam pabrik sepeda. Kualitas dan kekuatan sebuah frame pada umumnya sangat ditentukan oleh jenis material, perlakuan terhadap material, serta proses produksinya. Proses produksi frame adalah seluruh kegiatan dari pemotongan pipa, pengelasan, hingga teknik pengecatan, proses pembentukan pipa (misalnya cubic tube, oval tube, atau eye drop tube).

MTB Frame

Kejunas Tanjakaaaaaannn.............

Posted by Priyatno S On March - 23 - 2009

Anggota GB yang doyang nanjak, sebut aja Rifu, akhirnya ikutan Kejurnas Tanjakan yang di adain oleh Pikiran Rakyat... Dia ikut di kelas MTB open... Hasil pengitungan sementara no urut juara, rifu ada di posisi 20. Berikut foto2 nya... (Rifu yang pake jersey SimpatiZONE Biking Adventure).

Rifu in Kejunas Tanjakan

GB at Hardtail On Tjikole

Posted by Priyatno S On December - 10 - 2008

Tanggal 6 dan 7 kemarin BAM ngerayain ulang tahunnya yang ke tiga, sekalian bikin acara yang namanya HOT, hardtail on tjikole. GB berpartisipasi dalam acara tersebut. Kali ini diwakili oleh Arif rifu, Nano, Chandra, Faddin, dan Has. Selain acara HOT, United bike dan Spesialized mengandakan test ride, jadinya kami-kami nyoba sepeda baru produksi dua produsen sepeda itu. Mulai dari United patrol AM, sampe ke spesialized demo kami coba. Cuma sayang, trek test ridenya pendek.

HOT banner

Urban DH Ciwalk Report

Posted by Priyatno S On December - 03 - 2008

Beberapa orang anggota GB mewakili GB turun dalam ajang Urban Downhill Ciwalk hari Jumat hingga Minggu kemarin, mereka adalah Faddin, Has, Arif, Dimas, Pawl, Gerhard(perwakilan GB ITB cab. UNPAD).

IOXC banner

POST-TITLE-HERE

Posted by Author On Month - Day - Year

POST-SUMMARY-HERE

Solusi Nyata Mahasiswa dengan Bersepeda

Diposkan oleh Priyatno S

BEBERAPA mahasiswa tampak memacu cepat sepedanya di dalam area kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Sabtu (7/6) sore lalu. Menurut mereka, dengan bersepeda dapat mengeluarkan keringat dan mengurangi polusi asap kendaraan bermotor. Atas animo pemakaian sepeda yang tinggi, beberapa mahasiswa menggagas perkumpulan Ganesha Bicycler (GB) ITB, yang terbentuk resmi 20 Juli 2007.

Setelah berdiskusi, ternyata banyak yang berminat dan ingin menjadikan komunitas sepeda kampus ini unit kegiatan mahasiswa (UKM). Gayung pun bersambut karena pihak kampus mendukung rencana ini. Saat ini, tercatat 225 anggota yang terdaftar dalam GB dan yang memiliki sepeda hanya 60 orang. Ketua GB Irwan Fitri Fauzy mengatakan, total ada 200-an "penghuni" ITB yang memakai sepeda, tapi tidak semua bergabung dalam GB.

"Enggak harus punya sepeda untuk gabung di UKM ini, yang penting kita kumpul dan senang-senang melepas penat, setelah sibuk kuliah dan mengerjakan tugas," ujar Irwan.

Touring menjadi agenda rutin komunitas ini. Mereka pernah menjelajahi hutan dan jalan setapak di Bojong Koneng, Dago Atas, Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, wisata kuliner bersepeda, dan touring malam. Agar tak mengganggu kuliah, touring selalu dilakukan akhir pekan.

Tak hanya touring, saat ini mereka sedang membuat program Sepeda Tak Bertuan (STB). Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa ITB yang ingin bersepeda namun tak memiliki sepeda. "Jika nanti program STB dipenuhi, kami telah memiliki rencana untuk sistem pengamanannya. Kalau ada yang merusak atau menghilangkan sepeda yang dipinjam, akan dikenai sanksi dua kali lipat," tutur Irwan.

Salah seorang anggota GB, Has mengungkapkan, keikutsertaannya dalam komunitas ini karena ia sangat hobi bersepeda. "Selain karena touring-nya, saya juga bisa mengasah kemampuan free style memakai sepeda gunung," ujar mahasiswa jurusan MIPA ini.

Dalam kondisi serbakrisis saat ini, mahasiswa bermobil tak lagi menjadi sebuah gengsi tetapi justru bisa jadi cermin ketidakpekaan sosial. (Windy Eka Pramudya)***


dikutip dari Harian Umum Pikiran Rakya edisi Rabu 11 Juni 2008

1 Response to "Solusi Nyata Mahasiswa dengan Bersepeda"

  1. aLin Said,

    hiks...hiks.. gw ga ikut foto.. =(

     

Butuh pemacu semangat sebelum atau saat Kamu bersepeda?
Kami mendengarkan lagu-lagu ini :


Pada program sepeda kampus (Bike@Campus) ITB, GB ITB ditunjuk sebagai pihak yang melakukan maintanance terhadap sepeda-sepeda dari program tersebut
Bagi yang mau bergabung :
- silakan gabung kapan aja
- kalau ada masalah yg berhubungan dgn sepeda, boleh tanya kita-kita
- tunggu kegiatan-kegiatan berikutnya