Bike Knowledge : Material Frame

Posted by Priyatno S On June - 22 - 2009

Material frame bakal menentukan kualitas sepeda. Meski demikian, kualitas sebuah frame sangat ditentukan proses produksi yang ada di dalam pabrik sepeda. Kualitas dan kekuatan sebuah frame pada umumnya sangat ditentukan oleh jenis material, perlakuan terhadap material, serta proses produksinya. Proses produksi frame adalah seluruh kegiatan dari pemotongan pipa, pengelasan, hingga teknik pengecatan, proses pembentukan pipa (misalnya cubic tube, oval tube, atau eye drop tube).

MTB Frame

Kejunas Tanjakaaaaaannn.............

Posted by Priyatno S On March - 23 - 2009

Anggota GB yang doyang nanjak, sebut aja Rifu, akhirnya ikutan Kejurnas Tanjakan yang di adain oleh Pikiran Rakyat... Dia ikut di kelas MTB open... Hasil pengitungan sementara no urut juara, rifu ada di posisi 20. Berikut foto2 nya... (Rifu yang pake jersey SimpatiZONE Biking Adventure).

Rifu in Kejunas Tanjakan

GB at Hardtail On Tjikole

Posted by Priyatno S On December - 10 - 2008

Tanggal 6 dan 7 kemarin BAM ngerayain ulang tahunnya yang ke tiga, sekalian bikin acara yang namanya HOT, hardtail on tjikole. GB berpartisipasi dalam acara tersebut. Kali ini diwakili oleh Arif rifu, Nano, Chandra, Faddin, dan Has. Selain acara HOT, United bike dan Spesialized mengandakan test ride, jadinya kami-kami nyoba sepeda baru produksi dua produsen sepeda itu. Mulai dari United patrol AM, sampe ke spesialized demo kami coba. Cuma sayang, trek test ridenya pendek.

HOT banner

Urban DH Ciwalk Report

Posted by Priyatno S On December - 03 - 2008

Beberapa orang anggota GB mewakili GB turun dalam ajang Urban Downhill Ciwalk hari Jumat hingga Minggu kemarin, mereka adalah Faddin, Has, Arif, Dimas, Pawl, Gerhard(perwakilan GB ITB cab. UNPAD).

IOXC banner

POST-TITLE-HERE

Posted by Author On Month - Day - Year

POST-SUMMARY-HERE

ANAK GB WAJIB BACA: Sepeda masuk Cabor Olimpiade ITB ?

Diposkan oleh kabayan a.k.a ekek.boi

Seiring dengan akan berakhirnya kepengurusan GB yang pertama, perlu diketahui oleh teman-teman sekalian mengenai beberapa kerjasama yang telah kami jalin dan akan dieksekusi pada periode kepengurusan selanjutnya.

Sebagai upaya untuk memasyarakatkan sepeda & memasyarakatkan GB ITB di rumahnya sendiri, telah dilakukan berbagai macam upaya di antaranya kerjasama Sepeda Tak Bertuan dengan KM ITB untuk dikelola bersama (masih dalam progress).

Kerjasama yang terbaru yang telah kami rintis adalah keikutsertaan GB dalam rangkaian acara olimpiade ITB. Setelah bernegosiasi, GB didaulat untuk berpartisipasi dalam 2 (dua) acara, yaitu kegiatan pra-olimpiade berupa funbike/rally wisata/rally bike yang akan dilaksanakan sekitar bulan November (GB sebagai panitia teknis) dan kegiatan olimpiade berupa dipertandingkannya sepeda sebagai salah satu cabor sekitar bulan Januari 09.

Atas permintaan pihak Olim yang ingin memastikan konsep pertandingan di olim pada minggu ini, saya meminta saran dari teman-teman mengenai:

1.konsep lomba yang LAYAK dan DAPAT dipertandingkan di olim, serta

2.konsep acara fun/rallybike sebagai rangkaian praolim beserta RUTE.

Saran mohon disampaikan dengan sopan (anak GB pasti bertatakrama) dan dimuat di comment posting ini. Terima kasih

13 Response to "ANAK GB WAJIB BACA: Sepeda masuk Cabor Olimpiade ITB ?"

  1. SHaDOW Said,

    klo buat pra-olimpiade mendingan rally bike aja kaya kemaren.
    klo buat olimpiadenya gw ngusulin 2 cabang:1) hibrid bike & 2) MTB XC

    Yang hibrid balapannya di aspal kaya balapan road bike tapi pake spede hibrid intinya ga boleh ada suspensi

    Yang XC klo bisa dibikin rada extreme karena MTB tuh extreme semua. Jadi minimal pake sepeda XC hardtail.

    Klo downhill ga mungkin soalnya ga ada yang punya sepedanya

     

  2. air-ev Said,

    gimana kalo bikin satu lomba aja dulu, xc tapi lebih mirip road race, banyak di aspalnya, dan ga boleh pake sepeda road.

    sepeda road bisa dibedakan dari sepeda mtb menurut (misalnya kita sebagai juri yang nentuin sahnya sepeda):
    1.lebar ban (road bike bannya lebih kecil dr 1.5)
    2.sistem suspensi (road bike=rigid)

     

  3. air-ev Said,

    oh ya, dan gimana tuh jadinya triathlon? :P

     

  4. rute xc nya kira2 kmana? kira2 anak itb pada kuat ga tuh? safetynya? trusnya tim olim si berharap bisa di kampus gituh, gmn tuh?

     

  5. arif.malis Said,

    bro, kalo menurut gw yang penting itu, prakiraan waktu tempuhnya...., kira2 panitia olimpiade ngasih waktu berapa lama2? n gimana supaya pesertanya banyak (misalnya: satu tim terdiri dari 5 orang gitu), kan seru tuh...,

    menurut gw, acara akan seru jika ramai pesertanya..., tambah lagi, kan gak mungkin supporternya ada di sepanjang track, (beda dengan olahraga yang diadain di lapangan ex: basket, volley..etc.) jadi, kita buat aja pesertanya yang rame...,

    trus agar kelihatan seru, kenapa gak kita ambil rute dalam kampus aja..., seandainya jatuh, ato ada kecelakaan kan (tinggal bawa ke baromeus) he..he..he..

    kalo masalah sepeda, di bebasin ajag..., jadinya no class tuk sepeda..., semuanya bertarung adu cepet di dalam kampus....

    gimana bro...

     

  6. arif.malis Said,

    bro, kalo menurut gw yang penting itu, prakiraan waktu tempuhnya...., kira2 panitia olimpiade ngasih waktu berapa lama2? n gimana supaya pesertanya banyak (misalnya: satu tim terdiri dari 5 orang gitu), kan seru tuh...,

    menurut gw, acara akan seru jika ramai pesertanya..., tambah lagi, kan gak mungkin supporternya ada di sepanjang track, (beda dengan olahraga yang diadain di lapangan ex: basket, volley..etc.) jadi, kita buat aja pesertanya yang rame...,

    trus agar kelihatan seru, kenapa gak kita ambil rute dalam kampus aja..., seandainya jatuh, ato ada kecelakaan kan (tinggal bawa ke baromeus) he..he..he..

    kalo masalah sepeda, di bebasin ajag..., jadinya no class tuk sepeda..., semuanya bertarung adu cepet di dalam kampus....

    gimana bro...

     

  7. Priyatno S Said,

    buat pra olim, fun rally xc bike. Trek bisa di bandung selatan, soalnya kalo fun bike biasa lagi... orang2 tuh dah bosen.

    Buat olim, XC aja, Xc bisa dimana aja, mo road, off road bisa. trek dalem kampus pake trek yang pernah diusulin aja. kalo diluar kampus, kalo boleh dipake, gw liat dibelakang kolam sabuga ada area yang bisa dibikin trek XC tuh.

     

  8. Priyatno S Said,

    ralat, buat fun rally xc bike di bandung utara aja.

     

  9. SHaDOW Said,

    Kata gw sih dipisahin jadi 2 kelas aja hibrid ama MTB.

    Yang hibrid aturannya sama kaya balapan roadbike cuma adu kekuatan, stamina ama teknik menggowes yang efisien. Tempatnya muter kampus aja di jalan-jalan aspalnya 5 - 10 lap

    Klo yang MTB selain adu kekuatan, stamina dan efisiensi dalam mengowes juga adu teknik pengendalian sepeda kaya posisi badan dan kaki yang tepat dan keterampilan tangan memainkan stang. Trek nya lebih extrim(MTB itu olah raga extrim) karena jalannya sempit, belokan tajam(walau ga pake berem masih tetep aman) dan jalanya ga rata(ada drop-off kecil dan "table top" atau "single jump") jadi sepedanya perlu suspensi, tapi sebagian trek tumpah ke jalan aspal(buat start dan finish). Resiko dari cabang yang ini minimal sepedanya masuk bengkel tapi memang begitukan semua olahraga yang make kendaraan?

    Buat Finish ama start nya ditaruh di tempat yang kira-kira memungkinkan buat ditonton banyak orang, contohnya antara CC dan Plawid(deket tiang GB)

     

  10. Unknown Said,

    @malis,mslh waktu tempuh, tim OLIM yg nyesuaiin ke GB,jd kita leluasa nentuin,,

    u olim gw s7 m tanding di DALEM kampus..mslh ijin biar tim OLIM yg ngurus..paling yg mesti dperhatiin RUTE+RULESnya..

    u pra-olim nano, bs spesifik bandung utaranya?tim olim pengen start+finish di ITB,soalnya ada rangkaian acara lainnya di kampus

     

  11. Priyatno S Said,

    Untuk pra Olim, kalo emang mau fun rally XC bike trus rutenya di bandung utara, ya agak nanjak2 dikit sih tapi seru. Dari ITB ke terminal dago > Tahura > Bandrek > Bojong Koneng > Dago resort > ITB. Kebalikan dari rute SimpatiZone Biking Adventure.

     

  12. Unknown Said,

    @nan,eta sabaraha jam-eun?mun paraeh kumaha?pan sok loba budak lemet/awewe nu milu,kumaha tah..

     

  13. SHaDOW Said,

    @Nan : Wah gawat itu mah. Tanjaka Putus Asa + Turunan Maut. Jangan gitu amat lah... Buat anak GB sih itu makanan rutin seminggi sekali minimal. Tapi buat Anak ITB non GB bisa jadi bunuh diri. Soalnya jalan Waktu ITB EXPO jalan DU aja dibilang nanjak. Padahal jalannya pelan2 jadi stamina masih penuh tapi tetep aja dibilang nanjak.

    Klo bisa Fun XC lagi sih gw seneng banget. Tapi klo yang diajak anak ITB yang bersepeda dadaka kaya pas ITB EXPO sih ga mungkin bisa. Terpakasa harus Fun Rally Bike dalam kota lagi.

     

Butuh pemacu semangat sebelum atau saat Kamu bersepeda?
Kami mendengarkan lagu-lagu ini :


Pada program sepeda kampus (Bike@Campus) ITB, GB ITB ditunjuk sebagai pihak yang melakukan maintanance terhadap sepeda-sepeda dari program tersebut
Bagi yang mau bergabung :
- silakan gabung kapan aja
- kalau ada masalah yg berhubungan dgn sepeda, boleh tanya kita-kita
- tunggu kegiatan-kegiatan berikutnya