Bike Knowledge : Material Frame

Posted by Priyatno S On June - 22 - 2009

Material frame bakal menentukan kualitas sepeda. Meski demikian, kualitas sebuah frame sangat ditentukan proses produksi yang ada di dalam pabrik sepeda. Kualitas dan kekuatan sebuah frame pada umumnya sangat ditentukan oleh jenis material, perlakuan terhadap material, serta proses produksinya. Proses produksi frame adalah seluruh kegiatan dari pemotongan pipa, pengelasan, hingga teknik pengecatan, proses pembentukan pipa (misalnya cubic tube, oval tube, atau eye drop tube).

MTB Frame

Kejunas Tanjakaaaaaannn.............

Posted by Priyatno S On March - 23 - 2009

Anggota GB yang doyang nanjak, sebut aja Rifu, akhirnya ikutan Kejurnas Tanjakan yang di adain oleh Pikiran Rakyat... Dia ikut di kelas MTB open... Hasil pengitungan sementara no urut juara, rifu ada di posisi 20. Berikut foto2 nya... (Rifu yang pake jersey SimpatiZONE Biking Adventure).

Rifu in Kejunas Tanjakan

GB at Hardtail On Tjikole

Posted by Priyatno S On December - 10 - 2008

Tanggal 6 dan 7 kemarin BAM ngerayain ulang tahunnya yang ke tiga, sekalian bikin acara yang namanya HOT, hardtail on tjikole. GB berpartisipasi dalam acara tersebut. Kali ini diwakili oleh Arif rifu, Nano, Chandra, Faddin, dan Has. Selain acara HOT, United bike dan Spesialized mengandakan test ride, jadinya kami-kami nyoba sepeda baru produksi dua produsen sepeda itu. Mulai dari United patrol AM, sampe ke spesialized demo kami coba. Cuma sayang, trek test ridenya pendek.

HOT banner

Urban DH Ciwalk Report

Posted by Priyatno S On December - 03 - 2008

Beberapa orang anggota GB mewakili GB turun dalam ajang Urban Downhill Ciwalk hari Jumat hingga Minggu kemarin, mereka adalah Faddin, Has, Arif, Dimas, Pawl, Gerhard(perwakilan GB ITB cab. UNPAD).

IOXC banner

POST-TITLE-HERE

Posted by Author On Month - Day - Year

POST-SUMMARY-HERE

clip_image002

Akhir Mei kemaren ada lomba tanjakan di Bandung. Eventnya terpusat di dan bertemakan Warban, which is a popular biking destination in Bandung. GB diwakilin Rifu, Gopal, Zaki dan Yudha yang ikut kelas Legal Age (Men Open).

  clip_image002[7]clip_image002[9]
Gopal (kaos merah) ketika start. Kredit : Galih Rhamdani.
Rifu (kaos merah) di tanjakan putus asa. kredit foto Om Putra Caringin Djuarsa

Rifu dapet posisi ke-5 dengan waktu 15 menit 13 detik meski pake sepeda dinglespeed nya Pawl. Yudha dapet posisi ke-14 (17 menit 29 detik), Gopal dapet posisi ke 18 (20 menit 6 detik) dan Zaki dapet posisi ke-22 (21 menit 52 detik). Full result di sini.


clip_image001

clip_image001[10]Selanjutnya di awal Juli, bertepatan dengan HUT Grup Kompas Gramedia dan POLRI, ada Bikenation. Selain sebagai rangkaian Jelajah Sepeda 45 tahun Kompas, Bikenation adalah suatu acara sepeda multi event yang mencakup kontes BMX, trial, fixie. lowrider, dan lain-lain. GB diwakilin Has (trial) dan RIfu (fixie).

Di event trial, Has yang kali ini dibolehkan untuk ikut (biasanya ngga boleh ikut karena dianggap terlalu jago) obliterates the field di babak pertama kompetisi trial, menjadi satu-satunya peserta yang menyelesaikan rangkaian obstacle dengan waktu dibawah 1 menit (sekitar 30 detik) tanpa melakukan satu kesalahan pun. Sayangnya di babak kedua, dengan rute hambatan yang dibalik. Has kehilangan konsentrasi dan tidak berhasil menyelesaikan rangkaian obstacle karena kurang konsentrasi dan berakibat akumulasi kesalahan. Has gagal masuk podium karena peserta lain tampil lebih konsisten di babak pertama dan kedua.

  clip_image002[13]clip_image002[15] clip_image002[17]clip_image002[19]
Has, negotiating obstacles. Kredit foto Om Beno Tirtoditaman.

  clip_image002[21]
Has dan Rifu (dua paling kanan) trackstand, dan masih sempat bercengkerama, hehe, di kualifikasi kontes trackstand+bikesumo (trial). Kredit foto Om Beno Tirtoditaman.

  clip_image002[23]clip_image002[25]
Rifu di semifinal dan final kontes trackstand+bikesumo (trial).
Kredit foto Om Bayu Setyawan dan Om Beno Tirtoditaman.

Has dan Rifu juga ikut kontes trackstand+bikesumo (trial). Rifu lolos kualifikasi (4 besar) dan menang semifinal sebelum kalah di final.


Di event fixie, Rifu sukses jadi juara pertama trackstand (fixie) dan dapet piala, uang serta sponsor goods.


Rifu (kiri) first place trackstand (fixie). Kredit foto om Ace Aces.

Meskipun sama-sama melombakan keseimbangan ketika diam diatas sepeda, dua kontes trackstand yang diikuti Rifu (trial dan fixie) berbeda di beberapa hal, terutama sepeda yang boleh dipakai. Di kontes trackstand fixie, selain wajib pake fixed gear, peserta juga diharuskan melakukan variasi seperti one hand dan no-hand trackstand serta menyentuh bagian-bagian sepeda seperti fork, downtube, seatstay dan lain-lain secara acak sesuai ketentuan panitia. Sementara di kontes trackstand trial, peserta hanya harus trackstand selama-lamanya menggunakan sepeda non-fixed gear. Selain itu, karena keterbatasan waktu, kontes trackstand trial dilanjutkan dengan bike sumo yang memasangkan dua peserta untuk berusaha membuat lawannya hilang keseimbangan dengan saling menyentuhkan bagian sepeda.


Setelah Bikenation, Rifu ikut event khusus fixie Weekend Roadrunner Meet.


Rifu (kaos merah) first place alleycat. Kredit foto om Michael Timothy

Rifu seperti biasa ngincar lomba trackstand, tapi ternyata malah dapat juara satu lomba alley cat (check point race) dan dapet hadiah uang.


Sebenarnya selain event-event diatas, masih ada event-event lain yang diikuti anggota GB, seperti Kejurnas Tanjakan dan Sentul Uphill yang tahun lalu juga diikuti anggota GB, tapi sayang kali ini dokumentasi kurang lengkap serta result dari panitia tidak jelas.

0 Response to "Warban Cup, Bikenation, dan lain-lain"

Butuh pemacu semangat sebelum atau saat Kamu bersepeda?
Kami mendengarkan lagu-lagu ini :


Pada program sepeda kampus (Bike@Campus) ITB, GB ITB ditunjuk sebagai pihak yang melakukan maintanance terhadap sepeda-sepeda dari program tersebut
Bagi yang mau bergabung :
- silakan gabung kapan aja
- kalau ada masalah yg berhubungan dgn sepeda, boleh tanya kita-kita
- tunggu kegiatan-kegiatan berikutnya